Jenis Lemak yang Terkandung Dalam Minyak Goreng

Minyak goreng sehat
Minyak goreng sehat

Dominasi minyak goreng sehat masih kalah jauh dengan minyak goreng tidak sehat yang begitu mudah ditemukan di sekitar kita. Bahkan hampir sebagian besar rumah tangga di Indonesia mengkonsumsi minyak goreng tidak sehat, selain karena mudah didapatkan, minyak goreng tak sehat juga murah.
Minyak goreng dinilai tidak sehat karena mengandung lemak jenuh yang tinggi dibarengi dengan rendahnya karbohidrat dan protein sehingga dapat menyebabkan kegemukan. Peneliti mengemukakan ada tiga jenis lemak yang terkandung di dalam minyak goreng yaitu lemak jenuh, lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda.
1. Lemak jenuh umumnya terdapat pada mentega, minyak babi, margarin, minyak kelapa sawit, dan minyak safflower. Banyak yang menganggap bahwa lemak jenuh merupakan jenis lemak yang jahat. Meski demikian lemak jenuh merupakan salah satu jenis lemak yang diperlukan tubuh sebagai penyedia energi, perlindungan berbagai organ penting dan membantu menyerap beberapa vitamin seperti vitamin A, D, K, E. Hanya saja dalam kadar yang berlebihan, lemak jenuh akan sangat berbahaya bagi tubuh kita. Beberapa penyakit keras dapat disebabkan oleh lemak ini seperti meningkatnya kadar kolesterol, serangan jantung, stroke, dan obesitas atau
kegemukan.
2. Lemak tak jenuh tunggal umumnya terdapat pada minyak goreng sehat seperti minyak zaitun dan minyak kacang. Lemak tak jenuh tunggal merupakan sumber lemak terbaik bagi tubuh kita.
Berikut beberapa manfaat lemak tak jenuh bagi kesehatan:
 Menjaga kadar kolesterol
Menurut penelitian, kandungan lemak tak jenuh tunggal dapat menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh dan meningkatkan kadar kolesterol baik yang berguna bagi tubuh.
 Memperbaiki fungsi pembuluh darah
Lemak tak jenuh tunggal juga dapat memperbaiki fungsi pembuluh darah. Selain itu, menurut penelitian, lemak tak jenuh tunggal dapat berfungsi mengontrol kadar insulin an kadar gula darah sehingga sangat baik di konsumsi bagi penderita penyakit diabetes tipe 2 guna mengendalikan kadar gula dalam tubuh.
 Mengurangi risiko penyakit jantung
Salah satu sumber lemak tak jenuh tunggal adalah minyak zaitun. Menggoreng dengan minyak ini dipercaya akan mengurangi risiko penyakit jantung karena sifat dari lemak tak jenuh tunggal yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.
 Menjaga sistem kekebalan tubuh
Kandungan vitamin E yang tinggi pada lemak tak jenuh tunggal akan sangat berguna untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan menjaga penglihatan. Selain itu lemak tak jenuh tunggal juga dapat membantu memelihara dan mengembangkan sel-sel dalam tubuh.
1. Lemak tak jenuh ganda, umumnya terdapat pada minyak goreng sehat seperti minyak biji bunga matahari dan minyak jagung. Minyak yang mengadung lemak tak jenuh ganda mampu menghasilkan kadar aldehida tinggi, meski tetap harus di konsumsi dalam batas aman, lemak tak jenuh ganda tetap memiliki banyak manfaat bagi tubuh seperti:

 Menurunkan kolesterol jahat
Seperti halnya lemak jenuh tunggal, lemak jenuh ganda juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dan menggantinya dengan kolesterol baik sehingga kolesterol jahat tidak dapat mengganggu di dalam tubuh kita.
 Mengusir lemak jenuh
Kehadiran lemak tak jenuh tunggal akan mengusir lemak jenuh di dalam tubuh kita. Seperti kita ketahui, lemak jenuh merupakan lemak jahat yang berbahaya bagi tubuh, beberapa penyakit keras seperti penyakit jantung dan stroke dapat dipicu oleh kandungan lemak jenuh ini.
 Mencegah penyakit jantung
Karena sifatnya yang menggantikan kolesterol jahat menjadi kolesterol baik inilah, lemak tak jenuh ganda juga dinilai mampu menjaga tubuh kita dari risiko peningkatan kadar kolesterol yang berdampak pada penyakit jantung.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*