Selain Susu Sapi, Ini Alternatif Jual Susu yang Segar

Rendy Rizal, July 6, 2017

Susu memang dikenal sebagai minuman yang kaya akan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun ternyata, tak hanya susu sapi saja yang sehat. Selain susu sapi, Anda bisa mencoba jual susu yang segar lainnya ini di Lemonilo:

1. Susu kambing.

Meski susu kambing sudah mulai populer di Indonesia, namun penyediaannya belumlah sebanyak susu sapi. Apabila pada sapi perah, keturunan Holstein dikenal sebagai penghasil susu yang utama, maka di keluarga kambing yang terkenal adalah jenis Saanen. Selain itu ada jug Nubian, Ettawa, LaMancha, Toggenburg, Oberhasli an Alpine.

2. Susu domba.

Berbeda dengan susu sapi dan susu kambing, susu domba lebih rendah zat allergen sehingga mereka yang alergi terhadap kedua jenis susu tersebut dapat menggantinya dengan susu domba. Selain itu, susu domba juga lebih mudah dicerna oleh tubuh manusia. Kandungan mineralnya antara lain kalsium, fosfor, seng dan juga vitamin B kompleks yang jumlahnya 2 kali lipat daripada susu sapi. Sayangnya, susu domba ini mengandung lemak jenuh yang tinggi sehingga kurang cocok bagi penderita kolesterol.

3. Susu kedelai.

Selain susu hewani, Anda bisa jual susu segar dari sumber-sumber nabati, salah satunya adalah kedelai. Susu kedelai memang sudah lama dikenal sebagai pengganti susu sapi, terutama bagi anak-anak yang mengalami alergi terhadap susu sapi. Susu kedelai atau susu soya ini dianggap sebagai obat yang terbaik bagi masyarakat Yunani. Warnanya putih bersih dan rasanya lezat. Selain itu, kandungan susu kedelai yaitu isoflavon dipercaya dapat mencerahkan, melembabkan dan menghaluskan kulit. Selain itu, ia juga kaya akan asam lemak, mineral serta vitamin A-B-C-D dan E.

4. Susu kacang hijau.

Susu kacang atau susu kacang hijau adalah jenis susu nabati yang tak kalah besar manfaatnya dengan susu kedelai atau susu soya. Jika kita lebih mengenalnya untuk diolah menjadi bubur dan sari kacang hijau, ternyata ia juga bisa dijadikan sebagai susu segar yang nikmat. Kandungan asam folatnya tinggi, masih ditambah potasium, fosfor, mangan, kalsium dan vitamin B1, B6, asam pantothenat, riboflavin dan juga niasin. Susu kacang hijau sangat baik bagi anak-anak dan ibu hamil.

5. Susu almond.

Susu almond yang terbuat dari biji kacang almond adalah jenis susu nabati terfavorit, sebab ia sama sekali tidak mengandung laktosa dan proteins usus. Selain itu, kandungan kalori pada susu almond lebih rendah 50% daripada susu sapi sehingga baik bagi pelaku diet. Kandungan nutrisi dalam susu almond di antaranya adalah kalsium, zat besi, riboflavin, serat, kalium, protein, dan karbohidrat. Susu almond juga sangat baik bagi kesehatan jantung dan pencernaan. Selain itu, Anda juga bisa jual susu yang segar yang terbuat dari kacang mete, beras, biji rami dan gandum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to Blog via Email

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Social

%d bloggers like this: